Thursday 19 April 2012

PTN Bali Sediakan Kursi Peraih NUN Tertinggi

Dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bali, Universitas Udayana (Unud) dan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menyediakan kursi bagi para pelajar SMA/SMK peraih nilai tertinggi ujian nasional (NUN).
Rektor Unud I Made Bakta dan Rektor Undiksha I Nyoman Sudiana, menegaskan, kursi mahasiswa diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK yang meraih peringkat tiga besar NUN baik tingkat nasional maupun Provinsi Bali.


“Para peraih NUN SMA/SMK tertinggi diberikan kebebasan memilih program studi (prodi) favorit dan dijamin diterima di prodi yang diinginkan tanpa perlu mengikuti proses seleksi,” kata Rektor Unud Bakta ditemui wartawan di Denpasar.
Hanya saja, meski bebas memilih prodi idamannya, prodi yang dipilih tersebut harus harus linier dengan program/keahlian yang dijalani di bangku SMA dan SMK.
Bakta mencontohkan, lulusan SMA Program IPA bisa melanjutkan pendidikan di prodi Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran. Sedangkan lulusan SMA Program Bahasa bisa bebas masuk hanya di prodi Sastra Inggris Fakultas Sastra.

Untuk itu, pihaknya tetap akan meminta data secara resmi kepada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali untuk kepentingan administrasi.
Khusus untuk di Unud, lanjut Bakta, keistimewaan serupa juga diberikan kepada para lulusan SMA/SMK yang berhasil meraih medali emas, perak, dan perunggu pada Olimpiade Sains Internasional.
“Bagi peraih Olimpiade Sains tingkat Nasional, kami juga memberi fasilitas bebas melanjutkan pendidikan ke Unud bagi mereka yang berhasil meraih medali emas,” katanya diamini Sudiana.
Untuk proses pendaftaran berikutnya, Bakta mempersilakan para lulusan SMA/SMK yang memenuhi persyaratan dan ingin memanfaatkan fasilitas itu, agar menghubungi Biro Administrasi Akademik Unud di Kampus Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Ditambahkan Bakta, kampusnya selain memberikan fasilitas bebas melanjutkan pendidikan tanpa seleksi, lulusan SMA/SMK yang memiliki prestasi gemilang di bidang akademik itu juga dijatahkan menerima beasiswa.
Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Provinsi Bali, Ida Bagus Anom, merespons positif langkah proaktif Unud dan Undiksha dalam memberikan beasiswa kepada lulusan SMA/SMK yang memiliki prestasi akademik gemilang.

Sumber : Okezone.com

No comments:

Post a Comment

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.