Thursday 2 October 2014

Pengertian SKS | Satuan Kredit Semester

Pengertian SKS | Satuan Kredit Semester - Bagi anda semua yang merasa pertama kali masuk di perguruan tinggi maka akan sedikit merasa bingung dengan sistem SKS. Dulu ketika saya pertama kali masuk kuliah juga bertanya tanya apa sih SKS itu ? Jadi biar kalian tidak bingung dengan istilah SKS maka akan saya berikan informasi tentang SKS. Sebenarnya tidak hanya SKS saja istilah dalam perguruan tinggi, ada juga yang namanya KRS. Kalau KRS sudah saya posting sebelumnya di pengertian KRS. Namun yang ingin saya berikan kali ini adalah pengertian SKS. SKS adalah singkatan dari Satuan Kredit Semester . Sistem SKS ini biasanya digunakan di Perguruan Tinggi Baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.



Pengertian SKS | Satuan Kredit Semester

Dengan sistem SKS ini, mahasiswa dimungkinkan untuk memilih sendiri mata kuliah yang akan diambil dalam satu semester. SKS digunakan sebagai ukuran:

  1. Besarnya beban studi mahasiswa.
  2. Besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha belajar mahasiswa.
  3. Besarnya usaha belajar yang diperlukan mahasiswa untuk menyelesaikan suatu program, baik program semesteran maupun program lengkap.
  4. Besarnya usaha penyelenggaraan pendidikan bagi tenaga pengajar.

Seorang mahasiswa dapat dinyatakan lulus apabila telah menyelesaikan jumlah SKS tertentu. Misalnya program sarjana (S1) mempersyaratkan mahasiswanya untuk menyelesaikan 144 - 160 SKS, program D3 mempersyaratkan 110 - 120 SKS.

Sudah jelas kan sekarang apa yang dinamakan SKS. Jadi jika kalian awal masuk kuliah atau daftar kuliah tidak kaget jika ditanya tentang SKS, syukur syukur malah sudah tahu tentang hal ini. Semoga bermanfaat. Itulah informasi artikel dari admin kampus-info yang bisa kami berikan pada anda semua. Semoga artikel Pengertian SKS | Satuan Kredit Semester bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bagikan ke teman anda dengan cara share dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.