Thursday 19 April 2012

ITK dan ISBI Beroperasi Tahun Ini

ITK dan ISBI Beroperasi Tahun Ini

infoedukasi.net -  Kemendikbud menyetujui penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Kalimantan (ITK) pada tahun ini. Penerimaan mahasiswa baru direncanakan melalui sistem kerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.
Hasil pertemuan dan kesepakatan ini diumumkan langsung oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, tadi malam di Bandara Sepinggan, Balikpapan, sepulangnya dari pertemuan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jakarta.


“Sudah disepakati, tahun ini ITK buka pendaftaran di ITS. Kami menargetkan, tahap pertama ini 100 mahasiswa mendaftar. Nanti dititipkan di ITS,” ungkap Gubernur Awang Faroek didampingi Kabag Humas Balikpapan Aji Sofyan, tadi malam.
Awang mengimbuhkan, kesepakatan tentang penerimaan mahasiswa ITK ini nantinya akan disusul dengan keputusan menteri. Sejak awal, ITS memang ditunjuk Kemendikbud sebagai lembaga yang mempersiapkan kelahiran ITK. Dia juga dititipkan Kemendikbud untuk menerima mahasiswa tahun pertama ITK.
“Penitipan ini diperlukan, karena pendidikan di institut agak berbeda, mahasiswa membutuhkan laboratorium sejak tingkat pertama. ITS dinilai memiliki dosen dan infrastruktur yang diperlukan bagi ITK pada tahun pertama ini,” sambungnya.

Untuk tahap awal, ITK membuka pendaftaran mahasiswa baru pada tiga program studi, yakni teknik kimia, teknik mesin, dan teknik industri. Ketiga prodi itu, kata Awang, masih akan dikaji lagi, dan disesuaikan dengan kebutuhan Kalimantan.
Awang berharap, pembukaan ITK akan menjadi peluang terbaik bagi putra-putri  Kalimantan dalam menempuh pendidikan tinggi. Sosialisasi tentang ITK akan dibantu pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.
Dana pembangunan dan persiapan kelahiran ITK sendiri dikucurkan pemerintah pusat, besarannya Rp50 miliar. Anggaran tambahan Rp30 miliar pun akan diambil dari APBN.

“Tahun kedua nanti diharapkan ITK sudah buka di Balikpapan. Kami juga sudah menyiapkan tanah 200 hektare (ha) untuk bangunannya. Nanti kami hibahkan 300 ha lagi,” Awang menjanjikan.
Seperti ITK, Intitut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) juga dijadwalkan beroperasi tahun ini, dengan kuota mahasiswa baru 100 orang.
Kampus yang akan menjadi ‘induk’ ISBI adalah Institut Seni Yogyakarta serta Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Mulawarman (Unmul), Samarinda.

“ISBI akan membuka pendaftaran pada prodi seni tari, Vokal, dan teater,” ujar Awang.
Awang mengaku, tidak mengetahui pasti soal besaran dana untuk proyek pembangunan ISBI. Namun, dia menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan lahan 100 ha di Tenggarong Seberang. “Lokasinya berdekatan dengan Unikarta dan SMA Unggulan,” pungkasnya.

Sumber : Okezone.com




No comments:

Post a Comment

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.