Wednesday 2 May 2012

Mau Jago Bahasa Asing? Belajar Sejak Dini!

Tahukah kamu jika usia tiga tahun merupakan usia paling cepat bagi manusia untuk mempelajari bahasa? Ternyata, menurut penelitian, perkembangan intelektual anak banyak terjadi sejak baru lahir hingga usia empat tahun.
Hal ini disampaikan Ketua Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Slamet Suyanto ketika menerima kunjungan dari mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana STKIP-PGRI Bandar Lampung.


“Usia tiga tahun adalah usia paling cepat belajar bahasa. Jadi sebaiknya anak banyak dibawa ke luar (alam) untuk mengenalnya. Anak itu akan banyak bertanya tentang apa yang dilihatnya,” kata Slamet seperti disitat dari laman UNY.
Dia menyebutkan, anak-anak yang  sejak kecil banyak mengenal alam, akan lebih sukses nantinya. Tidak hanya itu, Slamet pun mengingatkan agar para orangtua juga mengenalkan dan mengajarkan berbagai peraturan.

“Anak-anak juga perlu dikenalkan dengan aturan. Orangtua tidak boleh putus asa dalam mendisiplinkan anak. Misalnya, ketika anak membuang sampah sembarangan, maka orang tua jangan bosan untuk mengingatkan untuk membuang sampah di tempat sampah. Dengan begitu nanti anak akan terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya menambahkan.

Menurut penelitian para ahli, perkembangan intelektual anak sejak lahir hingga usia empat tahun sama banyaknya dengan perkembangan intelektual pada usia 4-18 tahun. Sementara perkembangan intelektual dari usia empat hingga delapan tahun lebih banyak daripada usia delapan hingga 18 tahun.

Sumber : Okezone.com

No comments:

Post a Comment

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.